Pengertian Waqaf  adalah memberhentikan suara (ketika membaca Al-Quran) sebentar pada suatu kalimat untuk mengambil (menarik) nafas dengan niat untuk melanjutkan bacaan al-Qur’an lagi dan tidak ada tujuan untuk menghentikan bacaan al-ur’an  sama  sekali.

Pengertian Ibtida’ adalah Memulai kembali membaca Al-Qur’an setelah berhenti atau setelah wakaf.
Saya tidak menjelaskan pembagian waqaf karna telah saya bahas di aritikel tentang macam-macam waqaf, pada kesempatan ini saya membahas tentang pembagian ibtida’. Pada umumnya ibtida’ dibagin menjadi dua macam ibtida’:
PEMBAGIAN IBTIDA’
Pertama: Ibtida’ yang derbolehkan. Ibtida’ ini adalah ibtida’ yang memulai bacaan pada kalimat al-Qur’an yang menerangkan makna/ maksud secara sempurna. Contonya:
الحمد لله ربّ العالمين – قل هو الله أحد         
Serta contoh-contoh dari permulaan ayat-ayat lainnya.

Kedua: Ibtida’ yang tidak diperbolehkan. Yaitu ibtida’ (memulai suatu kalimat) yang membuat maknanya berubah dan menjadi makna/arti yang tidak sebenarnya. Contohnya:
اتخذ الله ولداً  (pada ayat aslinya) ß  وقالوا اتخذ الله ولداً
يد الله مغلولة  (pada ayat aslinya) ß  وقالت اليهود يد الله مغلولة


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan daftar disini untuk berlangganan gratis melalui email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di See Look Book GRATIS 100%
 
Nama Bayi Perempuan © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top