Cara Mengendarai Mobil Saat Hujan - Cuaca tak menentu di Indonesia, khususnya pada kota-kota besar Bandung, Jakarta, Surabaya, Palembang, Bengkulu, Makasar Dan Sebagainya kadang panas dan tiba-tiba hujan deras. Kondisi seperti ini kadang membuat Anda mengendarai Mobil tidak mempersiapkan diri ketika hujan. Untuk menavigasi jalanan yang basah, Tips Mengendarai Mobil saat hujan dari See Look Book yang membantu mencapai tujuan baik menggunakan Mobil Manual atau Mobil Automatic / matik. Mau tahu apa saja Cara dan tipsnya?

Tips dan Cara Mengendarai Mobil Saat Hujan:
Persiapkan Perjalanan
Mengemudi ketika hujan perlu hati-hati terhadap alat yang penting ketika mengemudi: Stir Mobil, rem dan pedal gas dan hal-hal kemungkinan kesalahan lainnya yang dapat terjadi. Saat melakukan perjalanan ketika kondisi hujan, alas kaki bisa saja licin dan basah saat menginjak rem dan pedal gas. Sebaiknya Keringkan alas kaki anda sebelum mengemudi. Lakukan pengecekan pada fungsi lampu samping, lampu besar, lampu rem serta sistim indicator apakah bekerja dengan benar dan baik.
Cara Mengendarai Mobil Saat Hujan
Periksa Tekanan Ban
Periksa tekanan udara ban Anda dan kedalaman alur ban dengan rutin minimal 1 minggu sekali. Tekanan ban yang cukup serta alur ban yang baik akan menghindari mobil Anda melayang di atas air yang tergenang dan tergelincir saat hujan. Jangan ambil resiko menggunakan ban yang tipis.

Periksa Mobil Sebelum Bepergian
Periksalah rem mobil, kemudi, tingkat cairan (oli, aki, air radiator, bensin dan lain-lain), tekanan dan kedalaman ban mobil, serta penghangat agar kendaraan siap menghadapi hujan yang deras.

Pastikan Wiper Berfungsi
Jika karet wiper rusak, sebaiknya mengganti dengan yang baru sebelum hujan turun. Hujan lebat bisa mengganggu wiper, hujan deras akan menutup kaca mobil. Saat pendangan terbatas dan anda tak bisa melihat bahu jalan atau kendaraan lainnya dengan jarak aman. Ketika menepi dan menunggu hujan berhenti, Parkirlah pada tempat yang tepat dan aman. Jika harus berhenti karna badai di bahu jalan, berhentilah dengan cepat dan hati lalu tunggu sampai badai berhenti. Dan selalu nyalakan lampu besar serta lampu hazard supaya terlihat oleh kendaraan lainnya.

Kecepatan Stabil
Paculah kendaraan stabil, sesuai kondisi jalan dan jarak pandang aman.

Jangan Mengebut
Saat hujan, air bercampur dengan kotoran, Bila jalanan berminyak akan membuat jalan licin dan mobil mudah tergelincir. Cara yang terbaik menghindarinya dengan cara mengemudi secara berlahan. Hal ini mempermudah ban menyesuaikan mobil perubahan cuaca.

Hidupkan Lampu Utama
Jika Hujan Turun Dengan Deras, jangan segan untuk menyalakan lampu utama atau kecil agar meningkatkan kewaspadaan kita. Jangan memakai lampu hazards! Karna lampu ini akan mengganggu pengemudi didepan Anda, apalagi ketika akan berbelok.

Jangan Rem Mendadak
See Look Book anjurkan untuk menginjak rem perlahan. Jika menginjak rem sampai limit, Ditakutkan mobil akan selip. Sebaiknya mengerem bertahap sebelum berhenti.

Perhatikan Jarak Rem Mobil Anda
Saat hujan turun, mobil membutuhkan jarak yang panjang untuk memperlambat laju. Jika biasanya butuh jarak 2 detik dengan kendaraan yang ada di depan, coba kalikan 2 jadi 4 detik untuk memperpanjang jarak rem Anda.
Baca Juga:
Cara Mengemudi Mobil Melewati BanjirModifikasi Motor Gede Dan KecilMotor Honda Terbaru 2014 Di Indonesia

Ikutilah jalur kendaraan Yang Ada di depan

Hindari memakai rem Mendadak. Berusahalah mengurangi kecepatan dengan mengurangi tekanan pedal gas. Nyalakan lampu, walaupun hujan rintik-rintik. Bukan hanya mudah melihat jalan didepan, tetapi kendaraan lain pun dapat dengan mudah melihat Kendaraan anda.

Cuaca Mendung Dapat Mengurangi Jarak Pandang

Hati-hatilah ketika melewati kendaraan lainnya.

Keringkan Rem Jika Basah
Bila kendaraan melewati genangan air yang cukup dalam rem akan menjadi basah, sebaiknya ijaklah rem bersamaan dengan gas secara perlahan untuk mengeringkan Rem Mobil Anda.

Mengendalikan Mobil ketika Tergelincir
Tergelincir bisa terjadi pada pengemudi. Apabila mengalaminya, ingatlah agar tidak menginjak rem secara mendadak. Jangan menginjak rem secara berulang-ulang jika mobil dilengkapi (ABS) anti-lock braking system. Sebaiknya injaklah rem secara hati-hati dan tekanan yang pas supaya stir dan rem bisa menyesuaikan pada keadaan saat mobil tergelincir.


Demikianlah Cara Mengendarai Mobil Saat Hujan Mudah-mudah berguna dan bermanfaat untuk sahabat sekalian.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan daftar disini untuk berlangganan gratis melalui email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di See Look Book GRATIS 100%
 
Nama Bayi Perempuan © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top