Cara Mengendarai Motor Saat Hujan dan Banjir - Musim hujan adalah perubahan keadaan dari cuaca panas ke penghujan, kejadian ini membuat motor yang kita kendarai sulitan di kendalikan. Turun hujan membuat jalan-jalan basah dan terjadi banjir, yang menjadi masalah bagi pengguna sepeda motor.
Ketika terjadi hujan bahkan banjir membuat motor tidak dikendalikan seperti biasanya, sehingga sering terjadi mogok dan masalah-masalah lainnya. Genangan air dapat mengakibatkan kecelakaan karna jalanan licin mengakibatkan Sepeda Motor sulit dikendalikan saat terjadi banjir dan hujan deras.
Hal yang terpenting bagi Pengendara Sepeda Motor untuk selalu antisipasi bila terjadinya hujan deras dan banjir. Jika terlihat mendung dan cuaca akan hujan sebaiknya jangan keluar rumah apalagi Menggunakan Sepeda Motor, berbahaya bagi kesehatan dan akan membuat motor rentan akan rusak.
Namun jika mempunyai urusan yang super penting dan tidak dapat ditinggalkan tentunya hujan dan banjir akan dilewati, tetapi  See Look Book akan memberi Anda cara Membawa Speda Motor saat terjadi banjir serta hujan. Berikut ini tips mengendarai motor ketika hujan dan banjir.
Cara Mengendarai Motor Saat Hujan dan Banjir

Tips dan Cara Mengendarai Motor di Saat Banjir dan Hujan
Baca Juga
1. Jas hujan Wajib dibawa, pakailah jas hujan yang pas dan sesuai dengan ukuran tubuh. Sebaiknya menggunakan jas hujan yang bermodel jaket dan celana. Jas hujan model ponco atau batman dapat menggangu pandangan pengendara yang ada dibelakang dan rawan akan kecelakan.
2. Masukkanlah barang-barang berharga kedalam plastik, seperti  ponsel, dompet dan barang-barang yang tidak tahan air lainnya ke plastik agar tidak basah terkena air hujan.
3. Pastikan kondisi tubuh sehat, dikarenakan suhu udara dingin dapat membuat konsentrasi Anda mengendarai motor berkurang.
4. Gunakan sepatu boot yang tahan air Agar lebih nyaman dan tetap membuat kaki anda hangat dan tidak basah.
5. Periksa kembang ban motor serta cek tekanan anginnya, Kembang yang habis dapat berbahaya bila digunakan di jalan licin saat hujan dan kecelakaan bisa saja terjadi. Pastikan tekanan angin ban Anda sesuai standar.
6. Periksa Rem motor Anda, jika kampas telah habis sebaiknya diganti dengan kampas baru.
7. Cek kelistrikan motor (lampu depan, sign dan rem berfungsi dengan normal atau tidak). Cahaya lampu motor dapat membantu pengguna jalan lain mengetahui keberadaan sepeda motor kita ketika hujan deras terjadi.
8. Waspadalah menghadapi genangan air, jika genangan air sangat tinggi sebaiknya Anda mencari jalan alternatif. Karena jika mesin dimasuki air maka motor akan mogok.
9. Cari tempat berteduh yang aman apabila hujan sangat deras, jangan dipaksa karena jarak pandang sangat terbatas.
10. Kurangi laju motor saat hujan turun karena daya cengkram ban akan berkurang dari bisanya dan dapat mengakibatkan slip.
11. Gunakan helm dengan kaca anti embun, sehingga pandangan jelas walaupun hujan turun.
12. Memberi sealent chop / tutup busi agar busi tetap kering, bertujuannya untuk menghidari busi terkena air hujan yang mengakibatkan motor susah dihidupkan.

Setelah Sampai Tujuan Berikut Ini Tips Merawat Speda Motor:
1. Cucilah motor dengan air bersih, dikarenakan kandungan asam pada air hujan bisa menimbulkan karat pada besi dan pudar di warna bodi motor. Membersihkan rem, karena hujan membuat rem kotor sehingga membuatnya tidak berfungsi maksimal.
2. Berikan pelumas pada rantai motor, setelah hujan atau minimal seminggu sekali agar rate ridak karat dan tetap dinamis, sehingga rantai Otolovers lebih awet dan panjang umur.


Semoga Tips Otomotif  tentang Cara Mengendarai Motor Saat Hujan dan Banjir ini bisa bermanfaat untuk Pengendara Sepeda Motor.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan daftar disini untuk berlangganan gratis melalui email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di See Look Book GRATIS 100%
 
Nama Bayi Perempuan © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top