Vitamin C
Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang larut dalam air. Vitamin ini berperan sangat penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menangkal radikal bebas. Istilah vitamin C sering merujuk pada senyawa asam askorbat yang merupakan bentuk paling umum. Banyak orang mengangap bahwa jeruk merupakan sumber vitamin C paling tinggi, namun buah lain seperti jambu biji, pepaya, lemon dan buah kiwi mengandung vitamin C lebih banyak.

Manfaat dan Fungsi Vitamin C Bagi Tubuh


Mengatasi Flu
Vitamin c memang tidak secara langsung menyembuhkan orang yang terkena Flu. Namun, konsumsi vitamin C dapat mempercepat penyembuhan dari penyakit Flu.

Sistem Kekebalan Tubuh
Vitamin C juga memiliki peran penting dalam menjaga daya tahan tubuh dari serangan virus, bakteri dan radikal bebas.

Antioksidan
Vitamin C sebagai antioksidan selain dapat memperbaiki sel tubuh juga jaringan kulit yang rusak akibat radikal bebas.

Penyakit Mata
Salah satu penyakit mata yang umum terjadi adalah katarak. Memenuhi kebutuhan konsumsi vitamin C harian dapat membantu mencegah penyakit katarak.

Kesehatan Kulit
Dalam merawat kecantikan, vitamin C memiliki peran penting dalam melancarkan peredaran darah sehingga kulit terlihat lebih segar. Vitamin ini juga akan merangsang pembentukan kolagen kulit dan menjaganya dari kerusakan.

Kanker
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa beberapa wanita yang mengasup banyak vitamin C dari makanan seperti buah-buahan atau sayur (bukan suplemen), memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara.

Konsumsi Vitamin C


Badan Kesehatan Dunia (WHO) misalnya menetapkan hanya 45 mg sehari, Food Standard Agency di Inggris sebesar 40 mg per hari, dan National Academy of Sciences di Amerika Serikat antara 60 - 95 mg per hari. Di AS, jumlah asupan maksimal yang masih dapat ditoleransi adalah 2.000 milligram per hari.

Sumber terbaik vitamin C berasal dari buah segar, sayuran dan jus. Setengah cangkir (125 ml) jus jeruk mengandung sekitar 50 mg vitamin C. Selain jeruk, Anda bisa mendapatkan sumber vitamin C lainnya dari kiwi, stroberi, paprika, dan sayuran brassica seperti brokoli dan kubis.

Gejala kekurangan vitamin C ditandai dengan kehilangan gairah makan, kram otot, kulit kering, rambut bercabang, gusi berdarah, anemia, infeksi, penyembuhan lambat.

Sedangkan kelebihan vitamin ini ditandai dengan diare dan meningkatnya asam lambung. Bila kelebihan terjadi dalam waktu cukup panjang, bisa menimbulkan nyeri saat buang air kecil karena vitamin C keluar dalam bentuk kristal.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan daftar disini untuk berlangganan gratis melalui email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di See Look Book GRATIS 100%
 
Nama Bayi Perempuan © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top