Menu Makanan Sehat Bayi 8 Bulan - Memberikan asupan nutrisi dan gizi yang sesuai usia bayi adalah hal yang harus diperhatikan, agar sesuai dengan Perkembangan Bayi. Ketika bayi memasuki usia 8 bulan, gerakannya sudah lebih aktif, seperti mulai duduk atau merangkak. Selain itu bayi lebih aktif memakai tangannya untuk meraih sesuatu objek yang menarik. Kepekaan anak bayi usia 8 bulan ditandai dengan ikatan emosional dengan orang tuanya dan anggota keluarga lainnya.
Nutrisi dan Gizi Tepat Untuk Usia 8 Bulan
Menu Makanan Sehat Bayi 8 Bulan
Semenjak Ibu memberikan MPASI (makanan pendamping air susu ibu) pada usia yang disarankan (bulan ke 6) maka anda bisa memperhatikan asupan gizi yang beragam pada usia ini. Perhatikan jenis Menu Makanan Bayi yang diberikan, ketika Bayi Anda memiliki alergi atau riwayat alergi keluarga, maka sebaiknya lebih baik menghindari telur-teluran, kacang atau gandum. Walaupun pada dasarnya jenis alergi di masing-masing anggota keluarga berbeda-beda.
Tingkatkan jenis bayi untuk mengkonsumsi sayut mayur dan buah-buahan yang beranekaragam sehingga memproleh nutrisi yang dibutuhkan pada masa Pertumbuhan Balita. Juga memberikan cemilan yang sehat dapat diberikan pada usia anak 8 bulan. Anda bisa membuat jadwal Menu Makanan Bayi sebagai berikut :
Jam untuk Minuman dan Makanan Bayi 8 Bulan
Jam 07.00 - Makan Bubur Susu
Jam 10.00 - Cemilan Buah Sehat
Jam 12.00 - Nasi Tim saring
Jam 16.00 - Tim saring Lagi.
Di usia ini memakai tambahan rasa bisa diberikan, tambahan rasa bisa dihasilkan dari keju, margarin  atau butter untuk meningkatkan selera makan bayi. Selain itu cemilan buah bisa diberikan saat ini. Didukung dengan tumbuhnya gigi, buah yang banyak nutrisi membantu perncernaan bayi. Penyajian buah bisa lebih kental dari bulan sebelumnya seperti dikerok atau hanya dilumatkan. Anda pun boleh memberikan potongan kecil-kecil dari buah untuk melatih kinerja giginya, akan tetapi tetap harus memberikan perhatian dan pengawasan pada bayi. Buah yang harus dihindari adalah buah yang memiliki kandungan serat tinggi seperti sirsak, buah yang memiliki kandungan al-kohol seperti nangka dan durian atau buah-buahan yang sangat asam karena mengakibatkan gangguan pada perut dan pencernaannya.
Baca Juga:
Resep Menu Makanan Bubur Bayi Usia 8 Bulan
1.  Bubur Daging Ayam Beras Merah
Bahan :
1. 100 gr daging cincang (boleh daging ayam atau sapi)
2. 50 gr beras merah
3. 1 buah tomat yang dicincang
4. 450 ml air
5. 50 gr bayam merah
6. 50 gr wortel
7. 1/2 sendok keju yang sudah diparut
8. 1 sendok daun seledri dicingcang
Cara Membuat Bubur Bayi:
Rebus terlebih dahulu beras merah menggunakan air hingga mengembang lalu masukan daging yang sudah di giling dan tomat biarkan mendidih. Tambahkan wortel, bayam, keju dan daun seledri. Aduk hingga merata , sajikan selagi hangat (NB: Jangan Memberi Makan Balita anda makanan yang panas).
2. Bubur Kentang Bayam
Bahan Membuat bubur Bayi:
1. 25 gr daging sapi yang sudah cincang
2. 100 gr kentang yang sudah di kupas dan dipotong dadu-dadu kecil
3. 25 gr labu kuning dipotong kecil
4. 25 gr bayam yang dipetik daunnya dan diiris halus
5. 250 ml air, dan
6. Garam secukupnya.
Cara Pembuatannya
Pertama, Rebus kentang menggunakan air dan daging sapi hingga empuk.
Kedua, Tambahkan daun bayam, labu kuning dan garam diperlukan. Masak sampai empuk.
Ketiga, Angkat Masakan. Setelah mulai dingin, haluskan menggunakan saringan kawat dan Sajikan Resep Makanan Balita ini.
3. Resep Untuk Cemilan Buah Sehat
Buah disarankan pisang karena mengandung kalori bagi Perkembangan Balita, kaya kandungan kalium, kalsium serta vitamin C. Dengan kadar tepung serta mineral yang cukup tinggi baik bagi Pertumbuhan Bayi.  Pemberian Pisang  bisa dilumatkan memakai sendok makan bayi  atau di potong kecil untuk meningkatkan kerja gigi Bayi.
Cemilan Bubur Pisang Susu
  1. 2 sdkm susu formula
  2. 1 Pisang ukuran kecil cukup dilumatkan
  3. 200 ml air (yang matang)
Cara Membuat Bubur Bayi:
Seduh susu formula menggunakan 200 ml air yang matang lalu campur dengan pisang yang sudah dilumatkan, aduk sampai merata. Bisa Anda sajikan langsung pada bayi.

Anda pun bisa menggantinya menggunakan jenis buah-buah lainnya seperti perasan air jeruk atau buah alpukat dihari berikutnya, pada bayi usia  8 bulan fungsi gigi semakin berperan, jadi anda bisa memberikan buah yang bervariatif.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan daftar disini untuk berlangganan gratis melalui email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di See Look Book GRATIS 100%
 
Nama Bayi Perempuan © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top