Pengertian dan Contoh Waqaf Intidhari - Tajwid adalah sebuah ilmu wajib yang di pelajari oleh setiap orang muslim untuk membaca Quran dan menerapkannya. Memang hukum mempelajarinya tidak wajib tetapi untuk menerapkannya ketika seseorang membaca al-Qur’an. Na kali ini See Look Bok menjelaskan pembagian wakaq yang pertama tentang Wakaf Intidhariy.
Waqaf Intidhari ( الوقف الانتظاريّ ) Adalah waqaf yang dilakukan karena terdapat perbedaan pendapat dari para ulama tentang boleh tidaknya waqaf pada suatu ayat. Cara mengamalkannya adalah dengan membaca waqaf ayat tersebut, kemudian mengulangi lagi dengan mewashalkannya.
Pengertian dan Contoh Waqaf Intidhari
Contoh:
وَمَاَيَعْلَمُ تَأْوِيْلَهُ إِلاَّ الله وَالرَّاسِخُوْنَ فِىالعِلْـمِ ...(آل عمران 3)
Para ulama berbeda pendapat tentang waqaf pada lafadh: الله   maka membacanya dengan waqaf pada lafadh: الله   dan kemudian memulai lagi (ibtida’) pada lafadh: إلاّ atau darinya awal, yaitu وما يعلم  sampai akhir. Dengan demikian perbedaan tersebut dapat diamalkan. 
Namun, yang demikian ini sangat jarang ditemukan/diamalkan oleh seorang yang membaca Al-Qur’an. Karena umumnya sebagai seseorang pembaca Al-Qur’an hanya menganut satu guru atau madzhab di antara sekian guru atau madzhab dalam praktek dalam membaca Al-Qur’an. 
Yakni apabila ada seorang guru mewajibkan untuk membaca waqaf di bacaan itu, maka selamanya dia akan membacanya menggunakan waqaf dan begitu pula sebaliknya. Tetapi ada yang sangat berhati-hati ketika mempraktekkan wakaf Intidhari ini.
See Look Book akan lanjutkan lagi ke artikel dan tulisan selanjutnya tentang Ilmu Tajwid supaya kita benar dalam membaca kitab suci orang islam Al-Qur’an dan agar kita semua mendapatkan mendapatkan ridho dan hidayah dari Allah .
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan daftar disini untuk berlangganan gratis melalui email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di See Look Book GRATIS 100%
 
Nama Bayi Perempuan © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top