Pengertian Waqaf IdlthirariIkhtibariy dan Contohnya - Pada kali ini ini kami Admin dari See Look Book akan melanjutkan pembahasan kami yang sempat tertunda beberapa bulan karna tulisan sebelumnya saya hapus karna kesalahan teknis dan kebimbangan. Pada pembahasan kali ini kita akan membahasa tentang pembagian 2 waqaf . sebenarnya waqaf di bagi menjadi 4 (pembagian waqaf) karna takut tulisan terlalu panjang maka saya bagi menjadi beberapa artilkel.
Baca Juga:

Pengertian Waqaf Idlthirari – Ikhtibariy dan Contohnya
Waqaf idlthirari Adalah waqaf yang dilakukan karena sangat terpaksa. Misalnya ketika membaca Al-qur’an lalu kita kehabisan nafas, lupa, batuk dan alasan-alasan lainnya.
pada keadaan seperti ini lah, maka boleh berhenti di lafadh manapun serta wajib memulai bacaannya lagi dari lafadh awal ketika Kita memulai. Namun pemulaiannya (ibtida’) ini wajib tepat dan benar-benar harus diperhatikan, sehingga tak merusak arti dan makna ayat tersebut.
  إِذَا زُلْزِلَتِ اْلأَرْضُ                                                    
(waqaf dikarenakan suatu sebab seperti diatas  “lupa, batuk, kehabisan nafas dan lain-lain”  maka cara dalam membaca separti itu dimulai dari awalnya yaitu )
إِذَا زُلْزِلَتِ اْلأَرْضُ  زِلْزَالَهَا

Wakaf Ikhtibari Adalah waqaf yang dilakukan dikarena kebutuhan dalam mengajarkan atau menguji bacaan Al-Qur’an. Apabila seorang guru pun ingin memberitahu atau menguji murid tentang cara waqaf yang baik dan benar pada lafadh-lafaz tertentu yang sebaiknya diteruskan lebih benar. Tetapi karena dalam keadaan tertentu sehingga waqaf seperti ini diperlukan.
Cara membaca waqaf ini harus menampakkan pada huruf-huruf tertentu ketika diwaqafkan yang jika diwashalkan tidak terlihat. Contoh: disaat diuji untuk menerangkan Al Maqthu’ (kata yang terputus) dari lafaz فيما, maka diterangkan bahwa sannya lafadh tersebut adalah terdiri dari: في  dan ما. Contohnya:لاَيَذُوْقُوْنَ فِى) ) berhenti dikarenakan diberhentikan guru maka cara membacanya harus dimulai dari awal lagi karena kata في itu wasal menggunakan ها   
لاَيَذُوْقُوْنَ فِيْهَا بَرْدًا وَلاَ شَرَابًا

Atau ketika seorang guru, waqaf di lafadh yang salah dan tanpa ada mempertimbangkan ketidak sempurnaan dari arti dan makna ayat, kemudian menyuruh murid meneruskan bacaannya tersebut. Dalam Contoh:
Ketika membaca:
 اِهْدِناَ الصِّرَاطَ المُسْتَقِيْمَ .              
Guru memberhentikan pada lafadh:  
ِاهْدِنَا الصِّرَاطَ
    maka muridnya menyempurnakan atau menyempurnakan ayat tersebut:
اِهْدِناَ الصِّرَاطَ المُسْتَقِيْمَ .
Waqaf Ikhtibariy pada dasarnya tidaklah diperbolehkan, namun karena aassan tujuan pendidikan, maka hal ini di perbolehkan hanya untuk pendidikan.


Trima kasih telah membaca tulisan See Look Book tentang Waqaf. Bila dari tulisan tentang “Pengertian Waqaf Idlthirari – Ikhtibariy dan Contohnya” terdapat kesalahan atau kekeliruan tolong untuk memberikan saran pada kolom komentar agar kita diberi hidayah.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan daftar disini untuk berlangganan gratis melalui email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di See Look Book GRATIS 100%
 
Nama Bayi Perempuan © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top