Tips Merawat Ban Mobil Agar Tetap Awet - Menurut data yang ada pada Departemen Lalu Lintas Tentang Keselamatan Jalan Raya Nasional Amerika Serikat, Telah terjadi 660 kasus tentang kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan oleh tekanan angin dalam ban yang kurang dan telah memakan korban luka berat + 33 ribu per tahunnya. Sebuah penelitian disponsori (RMA) Rubber Manufacturers Association baru-baru ini, dilakukan terhadap 1rb orang pengemudi pada seluruh negara bagian, dan menemukan fakta bahwa:
1. 63 persent pengendara mobil menyatakan tekanan ban mempengaruhi jarak tempuh dari pada kendaraan
2. Hanya 19 persent dari pengemudi-pengemudi yang memeriksa kondisi tekanan angin ban mobil
3. Tiap bulannya, tiga dari empat pengemudi pengendara mencuci mobil mereka, dan hanya satu orang dari lima pengendara yang memeriksa tekanan Angin pada ban mobil mereka.
Anda bisa menempuh jarak hingga 3,3 persent lebih jauh dan menghemat uang untuk BBM, jika rajin memeriksa keadaan tekanan ban mobil dan menjaga selalu dalam tekanan yang setabil dan seharusnya. Di bawah ini ada 10 Tips Merawat Ban Mobil Agar Tetap Awet.
Tips Merawat Ban Mobil

Tips Perawatan Ban Mobil
1. Jangan menunggu sampai ban rusak. Biasakan selalu memeriksa tekanan ban mobil, paling sedikit sebulan satu kali dan terutama melakukan perjalanan jauh. Ban dengan tekanan yang tidak memadai akan menyebabkan ban lebih mudah panas karena gesekan dengan aspal yang besar, sehingga ban cepat haus dan membahayakan keselamatan mengemudinya.
2. Anda wajib hapal dengan tekanan proporsional dari ban mobil. Ukuran tekanan ban yang cocok dan pas bisa dilihat di stiker yang terdapat di bagian dalam pada pintu kendaraan atau di buku petunjuk kendaraan.
3. Pengukuran yang valid pada tekanan ban mobil, periksalah ban ketika suhu dingin. Jika mobil habis menempuh perjalanan yang jauh, tunggulah + tiga jam.
4. Lakukan pemeriksaan yang berkala, paling tidak satu kali dalam sebulan dan jagalah supaya ukuran tekanan ban selalu pada batasan yang tepat dan proporsional. Sehingga mobil siap untuk digunakan, jika sewaktu-waktu dibutuhkan.
5. Uang koin dapat digunakan sebagai alat untuk penunjuk bahwa ban mobil telah gundul. Letakkan uang koin pada tapak ban mobil. Jika anda dapat melihat semua gambar uang koin, maka saatnya ganti ban mobil.
Ban Mobil
Baca Juga
  • Cara Merawat Kaca Film Mobil Agar Awet
  • Cara Merawat Mobil Matic Mudah Terbaru
  • Tips Merawat Mobil Pribadi Sangat Mudah

  • 6. Jagalah ban kendaraan Anda dari lobang yang ada jalan. Sebab lobang yang besar tidak hanya merusak ban mobil, melainkan akan mengganggu keseimbangan / balance dari ban mobil Anda.
    7. Buat jadwal. Pastikan menukarkan ban mobil antara yang di depan dengan di belakang tiap 6rb mil, supaya menyeragamkan kondisi semua ban dan mempertahankan waktu pakai ban agar lebih lama.
    8. Jangan coba-coba mengendarai mobil menggunakan ban yang tidak memiliki penutup pentilnya. Mengemudi mobil menggunakan ban tanpa penutup pentil dapat menyebabkan kebocoran udara bisa dapat mengakibatkan ban kekurangan Angin.
    9. Periksalah keseimbangan dari ban mobil secara periodik, agar terhindari dari putaran ban yang tidak stabil.
    10. Terakhir Perhitungkan berat yang dimuat oleh mobil. Jika muatan berlebihian kapasitas maksimal bisa menimbulkan tekanan ban berlebih bisa berbahaya dan mengakibatkan mobil tidak setabil dan ban pecah.

    Mungkin sampai disini dulu tulisan See Look Book tentang Tips Merawat Ban Mobil Agar Tetap Awet semoga bermanfaat dan membuat perjalanan Anda salamat sampai tujuan.
    Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan daftar disini untuk berlangganan gratis melalui email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di See Look Book GRATIS 100%
     
    Nama Bayi Perempuan © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
    Top