Hal-Hal Lain Tentang Waqaf - Harus Tahu!!! – ini dalah ilmu tajwid yang jarang di ketahui oleh orang pada sebelumnya kita telah menjelaskan tentang tanda-tanda waqaf, kali ini See Look Book akan membahas sesuatu yang lain tentang Waqaf : Waqaf Jibril, Saktan dan Qatha’. Berikut ini penjelasannya:
1. Waqaf Jibril ( وقف جبريل )
Wakaf Jibril Adalah waqaf yang dilakukan malaikat Jibril AS pada saat menyampaikan wahyu (ayat Al-Qur’an) kepada Baginda Nabi Muhammad SAW. Hukum dalam mengamalkannya atau mempraktekkannya adalah sunnah, yakni dengan mengikuti gerak-gerak Rasulullah SAW dan malaikat Jibril AS.
Waqaf Jibril
Imam Asy Syaukani mengungkapkan seorang yang membaca Al-Qur’an setidaknya harus tahu dimana tempat-tempat waqaf Jibril ini. Adapun waqaf Jibril AS ini antara lain di Al-Qur’an:

No
Surat
Ayat
1
Surat Ali Imran ayat 95
ö@è% s-y|¹ ª!$#
2
Surat Baqarah ayat 148 
(#qà)Î7tFó$$sù ÏNºuŽöyø9$# 4
3
Surat Al Maidah ayat 48
سُبْحَانَكَ مَايَكُوْنُ لِي أَنْ أَقُوْلَ مَا لَيْسَ لِي ِبحَقٍّ
4
Surat Yusuf ayat 108
ö@è% ¾ÍnÉ»yd þÍ?ŠÎ6y (#þqãã÷Šr& n<Î) «!$#
5
Surat Ar Ra’du ayat 17
y7Ï9ºxx. Ü>ÎŽôØo ª!$# tA$sWøBF{$#
6
Surat An Nahl ayat 5
zO»yè÷RF{$#ur $ygs)n=yz 3 s
7
Surat As Sajdah ayat 18
`yJsùr& tb%x. $YZÏB÷sãB `yJx. šc%x. $Z)Å$sù
8
Surat An Naziyat ayat 23
§NèO tt/÷Šr& 4Ótëó¡o ÇËËÈ uŽ|³yssù
9
Surat Al Qodr ayat 3
ä's#øs9 Íôs)ø9$# ׎öy{ ô`ÏiB É#ø9r& 9öky­

Baca Juga:
2. Saktah ( السكتة)
Saktah Adalah berhenti sejenak ketika Anda membaca Al-Qur’an dengan selama / kadar dua harakat tanpa bernafas. Penjelasan ini Berdasarkan dari riwayat Imam Hafsh dan dari ’Ashim dengan thariq Asy Syathibiyah, terdapat 4 tempat yang ayat Al-Qur’an dilakukan saktah (saktah lathifah/ saktah halus), antara lain:

1
Surat Al Kahfi ayat 1, 2
óOs9ur @yèøgs ¼ã&©! 2%y`uqÏã ÇÊÈ $VJÍhŠs%
2
Surat Yasin ayat 52
.`tB $uZsVyèt/ `ÏB 2$tRÏs%ö¨B 3 #x»yd
3
Surat Al Qiyamah ayat 27      
Ÿ@ŠÏ%ur 2ô`tB 5-#u ÇËÐÈ £`sßur çm¯Rr& ä-#tÏÿø9$#
4
Surat Al Muthaffifin14          
žxx. ( 2ö@t/ tb#u 4n?tã NÍkÍ5qè=è%

Sebuah riwayat dari Hamzah, saktah bisa dilakukan ketika huruf sukun atau tanda tanwin bertemu huruf hamzah. Tanda saktah di dalam Al-Qur’an pada cetakan Madinah yaitu huruf sin kecil pada bagian atas ayat yang disaktahkan.

3. Qatha’ ( القطع)
Watha’ Adalah memutuskan bacaan serta meninggalkannya karna keperluan lain pada waktu yang tak tertentu dan jika akan membaca lagi Anda harus memulainya dengan bacaan ta’awwudz dan basmalah lagi. qatha’ ini harus dilakukan pada akhir ayat Al-Qur’an.

Inilah hal lain tentang waqaf, kebanyakan orang tidak mengetahui hal ini (Waqaf Jibril, Saktan dan Qatha’). Semoga tulisan ini membuat kita lebih ingin membaca al-Qur’an dan selalu berhati-hati.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan daftar disini untuk berlangganan gratis melalui email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di See Look Book GRATIS 100%
 
Nama Bayi Perempuan © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top