Menu Makanan bayi usia 15 bulan - Usia semakin bertambah membuat bayi menyukai benda-benda tertentu, sehingga di usia ini banyaknya benda semakin meningkat dari pada bulan sebelumnya. Di usia ini, gerakan anak seperti membungkuk ketika akan mengambil mainan  sudah mulai dia dilakukan dan memiliki rasa bersaing yang terlihat, baik dengan saudara-saudarinya atau teman sebaya dengannya.
Memiliki kesenangan pada objek-objek tertentu, mulai bersosialisasi dengan bayi lainnya meskipun masih memerlukan bantuan dalam beradaptasi dengan orang baru disekitarnya. Anda bisa mengarahkan ketika bermain di luar, jangan membiarkan dia seorang diri atau hanya berdua dengan teman seusianya. Kesenangan bermain air ketika mandi atau bisa juga anda ajak berenang mulai ajarkan atau ditunjukan.
Membar tahu permainan outdoor bisa anda lakukan pada usia ini untuk mengenalkan lingkungan di sekitarnya. Berikan arahan positif melalui cerita sebelum tidurnya, sesekali bisa menanyakan kembali cerita yang selesai dibacakan, ini untuk melatih kemampuan mengingat dan berbicaranya.
Menu Makanan bayi usia 15 bulan
Nutrisi Dan Gizi Untuk Bayi 15 Bulan
Nutrisi dibutuhkan bayi pada dasarnya mempunyai jenis yang sama tetapi sesuai usia semakin meningkat, maka kebutuhan nutrisi bayi pun semakin beragam dengan porsi-porsi yang lebih banyak dari sebelumnya. Di usia 15 bulan ini, karbohidrat didapatkan dari bentang, tepung roti, beras dan macaroni. Karbohidrat memiliki fungsi menghasilkan energi ketika bayi beraktivitas.
Protein dapat dihasilkan dari susu, daging dan kacagan berfungsi membentuk organ tubuh dan sel saraf anak. Lemak dibutuhkan walau dalam porsi sedikit. Dapat dihasilkkan melalui margarin atau santan untuk menyerap vitamin A serta sumber energi. Vitamin dan mineral alat melancarkan metabolisme tubuh. Buah dan Sayuran adalah jenis yang umum dalam menghasilkan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.
Meskipun di usia ini, bayi sudah bisa beradaptasi dengan menu makanan keluarga, ketika dia makan sendiri jangan memberikan makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin. Selain membuat bayi kaget lalu memuntahkannya, akan membuat lidahnya menjadi terganggu apalagi lidah bayi masih sensitif.
Baca Juga:
Menu Makan Bayi Untuk Usia 15 Bulan
A.  Sarapan Pagi
Bahan Sarapan:
1. 5 sdm susu cair segar
2. 1 telor ayam
3. 3 sendok daging sapi dicincang
4. 1 buah tomat
5. 3 sendok margarin
6. 2 sendok jamur kancing
Cara membuat sarapan bayi:
Pertama, campurkan telur dan susu kemudian aduk merata
Kedua, Panaskan wajan serta masukan margarin lalu adukan hingga telur dan susu di orak arik lalu sisihkan
Ketiga, Panaskan margarine kemudian tumis daging sampai berubagkan warnanya dan sisihkan
Keempat, tumis jamur menggunakan margarin hingga mattang
Kelima, Campurkan seluruh bahan yang sudah ditumis dengan nasi tim yang hangat

B.  Cemilan sehat
Banana Pancake
Bahan Banana Pancake:
1. margarin secukupnya
2. 5 sendok tepung terigu
3. 1 buah pisang raja
4. 1 butir telur
5. 125 ml susu
Cara Membuat Banana Pancake:
Pertama, campurkan seluruh bahan kecuali margarine aduk samapi merata
Kedua, Panaskan margarine
Ketiga, Untuk membuat pancake anda bisa menuangkan satu sendok samapai matang lakukan hingga semua bahan habis. Hidangkan menu makanan ini ketika akan menjelang makan siang atau sore hari untuk menambah energi bayi.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan daftar disini untuk berlangganan gratis melalui email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di See Look Book GRATIS 100%
 
Nama Bayi Perempuan © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top