Jenis-Jenis Virus Hepatitis, Gejala, Cara Mencegahan Dan Perawatan Penyakit Hepatits - Gejala hepatitis dan pencegahan apa yg penting kita lakukan. Lalu, bila telah terjangkit, tindakan apa yg dapat kita tempuh untuk mengatasinya.Hepatitis adalah peradangan organ hati /  liver.

Penyakit ini tergolong penyakit yang  berbahaya karena menyerang organ vital manusia yaitu hati. Apa saja penyebab hepatitis? Mari simak uraian berikut.
Jenis-Jenis Virus Hepatitis, Gejala, Cara Mencegahan Dan Perawatannya

Penularah virus hepatitis B  melalui berbagai media seperti makanan, minuman, jarum suntik, bahkan melalui sisir dan handuk.  juga bisa disebarkan dari ibu yang mengidap hepatitis B kepada anak yang dikandungnya, berhubungan yang tidak sehat serta transfusi darah.

Gejala Penyakit Hepatitis
Pada umumnya tidak menimbulkan gejala yang dapat langsung terlihat diluar tubuh. Berbeda jika kita terserang influenza / pendarahan luar dam juga penyakit kulit seperti kurap dan panu. Biasanya orang yang menderita akan menyadari ketika sudah dalam kondisi kronis seperti telah terjadi sirosis atau kanker hati. Tetapi untuk mewaspadanya akan kemunculan penyakit ini, ada baiknya kita lihat gejala-gejala umum yang terjadi di penyakit hepatitis ini:
Pertama, Rasa mual diperut kanan, kembung, mual dan perasaan nausea atau ingin muntah.
Kedua. Mudah merasa Lelah dan nyeri pada sendi dan otot
Ketiga. Kehilangan nafsu makan yang membuat badan kekurangan asupan gizi
Keempat. Demam berkepanjangan maupun on off
Kelima. Pada tahap berikutnya warna kulit dan putih mata akan berubah menjadi kuning karna zat albumin (yaitu zat racun dalam darah) tersebar karna tidak tersaring oleh Hati.

Pencegahan Penyakit Hepatitis
Pencegahan selalu jadi senjata utama dalam menghadapi sebuah penyakit . Untuk melindungi diri dari virus hepatitis yang berbahaya ii tentunya vaksin merupakan senjata utama, selain kegiatan ataupun kebiasaan yang bisa kita lakukan di dalam kehidupan sehari hari:
Pertama. Tidak mengkonsumsi Alkohol atau minuman beralkohol
Kedua. Memperhatikan sanitasi dan kesehatan makanan dan minuman yang kita konsumsi
Ketiga. Memperbanyak makan sayur dan buah
Keempat. Jangan terlalu lelah, istirahat yang cukup
Kelima. Mendapatkan vaksinasi hepatitis
Keenam. Tidak menggunakan jarum suntik secara bergantian.

Penyakit Hepatitis termasuk dalam penyakit mematikan di dunia, setiap tanggal 28 Juli diadakan Hari Hepatitis Sedunia di dalam rangka menyadarkan masyarakat tentang bahaya penyakit hati serta upaya untuk memperbaikin kualitas hidup agar Anda terhindar dari hepatitis ini.


Jenis-Jenis Virus Hepatitis
Hepatitis biasanya  dikarenakan virus, yaitu hepatitis A, B, C, D dan E
Ini juga dapat terjadi dikarenakan infeksi virus lainnya, sperti mononukleosis infeksiosa, demam kunig serta infeksi sitomengalovirus. Penyebab hepatitis nonvirus yang utama adalah alkohol juga obat-obatan. Dapat dikatakan bahwa penyakit hepatitis dikarnakan oleh 3 faktor, yakni virus, obat-obatan tertentu dan alkohol.
Berikut ini ada beberapa  virus hepatitis yang berasal beberapa jenis hepatitis, antaranya:
A. Virus hepatitis A
Virus hepatitis A menyebar melalui feses yang berasal dari sisa metabolisme tubuh yang dikeluarkan melalui anus. Penyebaran ini diakibatkan buruknya tingkat kebersihan. Di negara-negara berkembang sering sekali terjadi wabah yang penyebarannya terjadi melalui air serta makanan.
B. Virus hepatitis B
Penularannya tak semudah virus hepatitis A. Virus hepatitis B ini ditularkan melalui darah / produk darah. Biasanya terjadi di antara para pemakai obat yang menggunakan jarum suntik yang bersama-sama, atau di antara mitra seksual, baik heteroseksual / homoseksual. Ibu hamil yang terinfeksi hepatittis dapat menularkan virus kepada bayi selama proses persalinan.
Didaerah Timur dan Afrika, beberapa kasus hepatitis B berkembang menjadi hepatitis menahun, kanker hati, dan sirosis.
C. Virus hepatitis C
Virus hepatitis C  sering ditularkan melalui pemakai obat yang menggunakan jarum bersama-sama. Jarang terjadi penularan karna hubungan seksual, Untuk alasan yang masih belum jelas, penderita oenyakit hati serta alkoholik sering kali menderita hepatitis C.
D. Virus hepatitis D
Hanya akan terjadi sebagai rekan infeksi dari virus hepatitis B dan virus hepatitis D ini menyebabkan infeksi hepatitis b akan menjadi lebih berat. Yang memiliki resiko tinggi terhadap virus ini merupakan pencandu obat.
E. Virus Hepatitis E
Virus hepatitis E terkadang menyebabkan wabah yang menyerupai hepatitis A yang hanya terjadi di negara terbelakang. Sedangkan di Indonesia sendiri lebih banyak penderita hepatitis B.
F. Virus hepatitis G
Jenis baru dari virus hepatitis yang telah terdeteksi Saat  ini.
G. Virus lainnya
Virus-virus lain yang menyebabkan hepatitis :
1. virus mumps
2. virus rubella
3. virus cytomegalovirus
4. virus epstein-barr
5. virus herpes
ninilah beberapa penjelasan singkat tentang Perawatan Penyakit Hepatitis, Gejala Hepatitis, Cara Mencegahan PEnyakit Dan Jenis-Jenis Virus Hepatits semoga menjadi pembelajaran bagi kita karna indonesia termasuk negara yang di landa penyakit hepatitis B. katna itu waspada dan berhati-hatilah.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan daftar disini untuk berlangganan gratis melalui email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di See Look Book GRATIS 100%
 
Nama Bayi Perempuan © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top