Manfaat Jagung Manis - jangung manis adalah menu makanan masyarakt indonesia yang tidak dapat dilupakan karna di zaman penjajahan jagung adalah menu makan pokok bagi seluruh kalangan masyarakat akan tetapi di era modern ini jagung sudah tidak lagi menjadi bahan makanan pokok hanya di sebagian daerah saja. tetapi jangan pernah melupakan khasiat yang terkandung didalamnya.
Manfaat Jagung Manis untuk Kesehatan
Di Indonesia, jagung manis sering dijadikan bahan untuk membuat sup atau sayur asem. Rasanya manis dan renyah. Ada juga yang menjadikannya puding dan olahan lainnya. Selain manis, jagung manis ini juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Apa saja sih khasiatnya? Simak ulasannya dalam manfaat jagung manis untuk kesehatan yang dilansir dari laman see look book berikut ini:

1. Melancarkan pencernaan
Melancarkan pencernaan: Jagung mengandung serat alami yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Mengkonsumsi jagung dalam porsi yang wajar bisa membantu Anda mencegah konstipasi, sekaligus menurunkan resiko kanker usus.

2. Mencegah anemia
Mencegah anemia: Dalam jagung manis terdapat kandungan zat besi, asam folat dan juga vitamin B yang bisa membantu mencegah anemia.

3. Kesehatan Untuk kulit
Kesehatan Untuk kulit: Jagung manis kaya  antioksidan yang mampu menjaga kulit dari polusi dan radikal bebas.

4. Kesehatan paru-paru
Kesehatan paru-paru: Di dalam jagung manis terdapat senyawa cryptoxanthin yang diubah menjadi vitamin A. Berdasarkan sebuah penelitian, ada terkait antara kandungan beta cryptoxanthin dengan perkembangan kanker paru.

5. Mengatasi kolesterol
Mengatasi kolesterol: Kandungan Vitamin C, karotenoid dan bioflavanoid yang adat pada jagung dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini berarti bisa membantu agar jantung Anda tetap sehat dan mencegah penyakit kardiovaskular lainnya.

6. Daya Ingat
Daya Ingat: Dalam jagung manis terdapat di thiamine yang menopang kondisi sel-sel otak dan fungsi kognitif agar  maksimal.

7. Kesehatan mata
Kesehatan mata: Dalam jagung terdapat zat zeaxanthin, dimana senyawa tersebut yang membuat biji jagung menjadi kuning cerah. Berdasarkan penelitian, zeaxanthin terbukti bisa mencegah mata dari penyakit, seperti degradasi makula.

Nah, itulah beberapa manfaat dan khasiat dari jagung manis. Jadi, jika anda sedang jalan-jalan malam minggu dengan pacar, jangan gengsi mengajaknya untuk makan jagung bakar atau jagung rebus, karena manfaatnya sangat banyak untuk kesehatan.

Manfaat Jagung Dan Efek Sampingnya Bagi Penderita Diabetes

Manfaat jagung dan efek sampingnya bagi penderita diabetes belum banyak diketahui oleh masyarakat umum. Jagung yang tidak hanya kaya akan serat makanan, tetapi juga kaya akan Mineral dan Vitamin B3, B5 dan C bersama dengan mangan yang merupakan nutrisi utamanya. 
Jagung kaya akan antioksidan Karotenoid yang ditemukan dalam jumlah besar dan fitonutrien ini membuat jagung makanan yang lebih Anda inginkan. Antioksidan primer selain beta karoten jagung termasuk anthocyanin, lutein, dan zeaxanthin asam protocatechuic. 
Jagung juga merupakan sumber serat diet karena jagung memiliki potensi besar untuk membantu bakteri sehat tumbuh dalam usus kita yang membantu menurunkan risiko kanker usus besar. Jagung dikategorikan sebagai pati dan oleh karena itu hanya diperbolehkan mengonsumsi dalam porsi kecil untuk penderita diabetes.

Manfaat Jagung Dan Efek Sampingnya Bagi Penderita Diabetes

Untuk penderita diabetes dengan gula darah terkontrol hanya diperbolehkan mengonsumsi sedikit jagung dan beberapa tepung jagung atau makan pop corn / hanya jagung alami rebus. Jagung yang kaya akan pati memiliki kandungan GI yang tinggi sehingga dalam mengonsumsinya harus dijaga porsinya. Manfaat jagung memang sangat banyak namun dampak negatifnya juga banyak. 
Sebuah GI makanan tinggi adalah indeks glisemik makanan tinggi. Sebuah indeks dari glikemik adalah cara untuk mengkategorikan makanan tergantung pada seberapa lambat / cepat ia melepaskan gula atau glukosa ke dalam aliran darah. Jagung juga telah menunjukkan bahwa anthocyanin dapat  mengurangi risiko kerusakan ginjal, komplikasi yang terjadi pada penderita diabetes .
Penelitian medis mengatakan makan jagung secara teratur dapat membantu tubuh mengembangkan kontrol gula darah yang lebih baik. Jagung adalah bahan utama untuk High Fructose Corn Syrup atau HFCS yang diduga sebagai pemicu percepatan diabetes tipe 2. Demikian manfaat jagung dan efek sampingnya.

Selain di rebus atau dikukus anda bisa membakar jagung ini yang sedikit dioles dengan mentega tawar namun tetap dengan porsi yang kecil agar gula darah anda tidak melonjak naik jika terlalu banyak memakan jagung ini.

Mungkin hanya ini saja yang bisa See Look Book Sajikan untuk pembaca yang budiman tentang Manfaat Jagung Manis selain menggunakan khasiat jagung sebaiknya kita tetap menjaga kesetahan agar terhindar dari penyakit-penyakit yang menyerang keluarga kita.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan daftar disini untuk berlangganan gratis melalui email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di See Look Book GRATIS 100%
 
Nama Bayi Perempuan © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top