See Look Book - 7 Cara Memilih Oli Mobil Yang Tepat dan Cocok , untuk mengetahui cara memilih oli yang tepat untuk mesin mobil merupakan hal yang penting untuk diketahui, bukan hanya mobil, mungkin utk kendaraan bermotor lain nya juga. Mengapa? karna, pemilihan oli yang tepat dan benar (cocok dgn spesifikasi yang dibutuhkan mesin mobil) akan berpengaruh terhadap performa mesinnya nantinya.

8 Cara Memilih Oli Mobil Yang Tepat dan Cocok

Nah, dengan atau tanpa disadari, saat ini sangat banyak merk-merk oli mobil yang tersedia / dijual dipasaran. Itu arti nya, dengan semakin banyak nya merk-merk oli yg dijual, semakin banyak pula variasi dari pada spesifikasi oli yang akan ditawarkan.



Kondisi tersebut banyak  membingungkan konsumen yg masih awam dalam memilih oli mesin. Sehingga, tak jarang orang yang ambil jalan pintas yakni dgn cara memilih oli yang harga nya paling mahal. karna, mereka beranggapan bahwa oli yg termahal dianggap oli yang memiliki kualitas terbaik.



Padahal belum tentu oli dengan harga mahal cocok ketika digunakan bagi mobil kita. Nah, untuk mengetahui jenis oli mobil yang tepat untuk kendaraan kita, Setidaknya ada 8 tips yang dijadikan pertimbangan sebelum membelinya: 


1. Spesifikasi mesin mobil. 

Bisa mengetahui spesifikasi mesin mobil melalui buku manual. Dibuku tersebut pasti menginformasi kan tentang teknologi mesin & spesifikasi oli yg cocok. Tak peduli oli tersebut ber merk apa, asal spesifikasi nya sesuai dgn yang dibutuhkan mesin mobil kita, pasti cocok.

2. Harap perhatikan kode API atau American Petroleum Institute. 

Untuk mobil yang menggunakan teknologi baru (atau mobil keluaran baru), API SM lebih cocok dipakai karena memberikan kontrol endapan temperatur tinggi yg baik.
Sedangkan bagi  mobil keluaran lama (2004 kebawah), sebaik nya menggunakan oli ber-kode SL. Dan mobil keluaran 2001 kebawah cocok dgn oli berkode SJ.

3. Tingkat kekentalan oli. 

Mobil yang memakai mesin VVT, VVTi, dan sejenis nya, sebaiknya menggunakan oli dgn kekentalannya 10/40 atau 5/30. Mobil tersebut kurang cocok menggunakan oli 20/50 atau oli yg lebih kental.

4. Untuk mobil bermesin berteknologi terbaru (turbo, supercharger, DOHC, & lainnya), sangat disarankan menggunakan oli synthetic. 

Mengapa? karna, oli synthetic memberi pelumasan lebih baik karena jenis oli ini bisa memasuki celah antar logam yg sempit sehingga melindungi secara sempurna.

5. Pilih Bengkel atau toko yang terpercaya.
kenapa memilih bengkel terpercaya, karna asal mula oli yang kita beli dari toko atau bengkel disinilah banyak orang tidak bisa membedakan mana oli yang asli dan palsu. bila bengkel langganan kita atau bengkel yang terpercaya insya Allah akan memberikan Oli yang Asli.
6. Melihat Oli asli atau palsu
Disetiap botol oli memiliki nomor seri antara tutup botol dan botolnya. apabila no serinya berbeda bisa dipastikan bahwa oli tersebut adalah oli bajakan.


7. Jangan tergiur harga murah.
Banyak toko yang menawarkan harga oli yang tidak wajar (terlalu murah) semurah-murahnya harga oli para penjual mengambil keuntungan tidak lebih dari 5rb/liter (ini sudah termasuk mahal ada sebagian toko hanya 1-2rb saja) ditambah upah pasang 5rb.

Itulah 7 Cara Memilih Oli Mobil Yang Tepat dan Cocok yang dapat See Look Book sampaikan, jika saudara berkeinginan untuk memperoleh Tips-Tips seputar Otomotif Secara Rutin Dan GRATIS pastinya silahkan masukkan email anda pada kolom bagian kanan atas. semoga tips dan cara yang SLB Berikan bermanfaat untuk Kendaraan Anda.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan daftar disini untuk berlangganan gratis melalui email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di See Look Book GRATIS 100%
 
Nama Bayi Perempuan © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top