Gejala Alergi Susu Sapi Pada Bayi perlu untuk diketahui dengan baik oleh orang tua. Memang persentasi bayi alergi susu sapi dan formula memang tidak banyak, tetapi hal ini jangan sampai membuat orang tua lengah akan hal ini. Untuk itu penting bagi orang tua mengenali akan tanda-tanda alergi pada anak dan buah hati Anda sehingga kemungkinan komplikasi yang buruk bisa dicegah.
Sistem imunitas pada anak bayi masih masih sangat rendah karna itulah alergi susu pada bayi sering terjadi. Jadi seorang ibu dianjurkan untuk memberikan bayi ASI Eksklusif dan program Inisiasi Menyusu Dini (IMD) setelah proses kelahiran sehingga sang bayi bisa memperoleh manfaat kolostrom dari ASI ketika pertama kali meminum ASI (air susu ibu). Dengan metoda IMD ini diharapkan anak mendapatkan makanan terbaik untuk mendukung kesehatan, pertumbuhan dan perkembangan otaknya.
19 Gejala Alergi Susu Sapi Pada Bayi
Alergi Susu Sapi Pada Bayi
Apabila digeneralisir, terdapat tiga respon klinis ketika bayi mengkonsumsi susu sapi:
1. Respon sangat cepat, mencakup waktu sesudah anak mengkonsumsi susu sapi hingga muncullah gejala alergi.
2. Respon sedang, pada umumnya mencakup dari kekuatan sistem pencernaan dan respon ini dimulai dari 45 menit - 20 jam setelah Balita mengkonsumsi susu sapi.
3. Respon lambat, berupa gangguan pada kulit dan saluran cerna, biasanya muncul sesudah anak mengkonsumsi susu sapi 20 jam.

Ciri-Ciri Bayi Alergi Susu Sapi
ciri-ciri alergi susu sapi pada bayi ini menjelaskan dari 3 tingkatan respon anak setelah dia meminum susu, diantaranya:
1. Respon cepat: berupa bintik merah seperti campak dan gatal-gatal (bisa salah satunya saja). Kemudian terganggunya saluran pernapasan bayi ditandai dengan cekukan atau munculnya bunyi “ngikk”.
2. Respon Sedang: ditandai gejala muntah dan diare.
3. Respon lambat: terjadinya diare, konstipasi, bayi sulit buang air besar dan balita terkena dermatitis atau gangguan pada kulit yang parah.

Gejala Alergi Susu Sapi Pada Bayi Secara Umum
Selain pengelompokan fase-fase di atas, pada intinya secara umum tanda-tanda Alergi Susu Pada Bayi antara lain:
1. Gangguan pada saluran cerna ditandai dengan bayi muntah atau gumoh,
2. Bayi menjadi kembung dan cegukan,  
3. Bayi sering buang angin atau malah sebaliknya malah susah buang air.
4. Bayi Alergi Susu Sapi membuatnya menjadi rewel dan gelisah pada malam hari.
5. ketika buang air besar mengeluarkan cair yang berwarna hijau dan bau yang tajam.
6. Kulit anak menjadi lebih sensitive dan muncul bintik atau bisul yang berwarna merah, pada utamanya di pipi, sekitar dari mulut dan telinga.
7. Munculnya kerak (seperti ketombe) pada kulit kepala dan muncul bercak-bercak yang berwarna hitam di kulit seperti bekas gigitan nyamuk.
8. Mata, telinga dan rambut terasa gatal yang dibarengi kondisi dimana kelenjar dibagian belakang kepala menjadi besar.
9 Kotoran telinga menjadi banyak dan berbau.
10. Lidah yang ditumbuhi bercak putih sepert jamur.
11. Bibir bayi cenderung lebih kering dan bibir bagian bawah tepatnya di bagian tengah akan berwarna gelap kebiruan.
12. Ketika bernafas mengeluarkan bunyi (Hipersekresi Bronkus). Napas ini disertai batuk terutama pada malam hari dan akan hilang pada pagi hari.
13. Hidung bayi menjadi sensitive.
14. Sering bersin, pilek dan kotoran di hidung jadi banyak.
15. Sering tersedak karena saluran pernapasan tersumbat dan bernapas dari 1 lubang hidung.
16. Mata lebih sensitive, berair dan dipenuhi kotoran (belekan).
17. Produksi keringat bayi menjadi banyak walau suhu dingin. Keringat biasanya timbul di dahi.
18. Berat badan bayi menjadi lebih berat atau bisa kurang. Hal seperti ini dipicu karena bayi meminta minuman berlebihan dan sebaliknya.
19. Saluran kencing tergangu. Umumnya urin yang berwarna orange atau merah.


Inilah 19 Gejala Alergi Susu Sapi Pada Bayi dan fase respon dari masing-masing bayi yang bisa see look book sajikan untuk para orang tua semoga bermanfaat. Biasanya alergi susu pada bayi ini muncul karna proses pemberian Mpasi yang terlalu cepat atau terlalu berlebihan. 
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan daftar disini untuk berlangganan gratis melalui email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di See Look Book GRATIS 100%
 
Nama Bayi Perempuan © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top