Cara Agar Anak Cepat Jalan - Bisa seorang anak yang belajar berjalan antara umur 9 sampai 18 bulan. Banyak orang tua cemas jika bayinya belum menunjukkan tanda untuk berjalan. Sebagai orang tua tak perlu khawatir yang berlebihan karena bila tak ada gangguan pada saraf dan kelainan otot, maka anak akan berjalan dengan nalurinya sendiri.
Memang untuk berjalan adalah naluri alami seorang bayi tetapi Cepat atau pun lambat anak kesayangan anda berjalan tergantung stimulasi yang anda berikan padanya semakin sering anda ajakan gerakan-gerakan aktif karena agar bayi cepat jalan. Tetapi dibutuhkan kesabaran yang ekstra dalam membimbing bayi bisa berjalan.
Cara Agar Anak Cepat Jalan
21 Cara Agar Anak Cepat Jalan
Ilustrasi Bayi Belajar Berjalan
Nah, jika Anda ingin melihat anak bisa cepat berjalan, simak 21 Tips mengajarkan bayi agar cepat berjalan:
1. Latih untuk berdiri tegak. Ketika usia 9 bulan, bantu buah hati untuk terbiasa berdiri dengan tegak tanpa dipegang selama 30 detik. Jika terjatuh, motivasi untuk bangkit berdiri lagi.
2. Pegang tangannya. Latih untuk melangkah sambil tangannya dipegangi oleh ayah atau bundanya.
3. Berdiri dalam box. Tempatkan anak Anda di dalam box tidurnya, bimbing untuk berdiri dengan memegang dinding box dan pandu lah untuk berjalan menyusurinya.
4. Stimulasi menggunakan mainan. Letakkan mainan yang digemarinya pada posisi tertentu, bari motivasi untuk mengambilnya dengan cara berjalan.
5. Mendorong. Agar Anak Cepat Jalan Saat belajar berjalan biasanya Anak suka mendorong, jika memungkinkan berikan mainan yang dapat didorong (kursi plastik, ember atau yang lainnya.
Cara Supaya Anak Cepat Jalan
setelah kelima tahap diatas telah dilewati perhatikan tips-tips berikut ini untuk menjaga bayi anda tidak tertekan ketika berusaha untuk berjalan:
1. Karena keseimbangan-nya masih belum sempurna, biarkan bayi berdiri dan berjalan merambat berpegangan pada perabot rumah tangga atau dibantu oleh kedua orang tuanya. Anda harus waspada karena bayi bisa cedera bila Anda lengah mengawasinya.
2. Ketika mulai berdiri, biarkan Anak Anda menggenggam jari / pergelangan tangan lalu menarik badannya untuk berdiri dan kakinya pun dapat menopang berat tubuhnya sendiri.
3. Jika bayi enggan melangkah dengan sendiri, sangga lah tubuhnya dengan meletakkan kedua tangan di bawah lengannya sehingga anak anda berani melangkah. Tuntun bayi dengan memegang kedua tangannya.
4. Biarkan bayi berpegangan dengan satu tangan, kemudian berpegangan pada satu jari Anda dan akhirnya melepaskannya sama sekali.
5. Coba berlutut di depannya kemudian mengulurkan kedua tangan seolah ingin memeluknya sambil berjalan mundur dengan perlahan.
6. Letakkan mainan kesukaannya Beri semangat agar anak anda berusaha untuk menggapainya. Bayi pun akan berusaha meraih mainan yang disukainya dengan merambat dengan berdiri, dampingi lah dia dari belakang sambil berjaga-jaga bila terjadi sesuatu yang tidak di inginkan.
7. dibuatlah rumah  seaman mungkin, singkirkan segala jenis pernak-pernik kecil yang tajam, aksesoris yang berbahaya dari jangkauan bayi.
8. Singkirkan juga perabot rumah yang bisa membuat anak cedera (siku meja yang tajam, sebaiknya Anda disingkirkan).
9. Agar bayi cepat jalan Biarkan kaki Anak anda tanpa alas kaki agar kakinya bergerak bebas dan lincah, serta mengenal dan merasakan tempat yang tidak rata.
10. Jika anda ingin memakaikan sepatu pilihlah sepatu yang memiliki sol dari karet serta anti slip dan sepatu mengeluarkan bunyi supaya bayi lebih semangat untuk berjalan dan gembira.
11. Taruh ember atau keranjang cucian untuk didorongnya, agar bayi lebih semangat mengasah kemampuan tanpa bantuan orang tua. Latihan ini dapat menguatkan otot-otot kaki serta tangan
12. Child harness (atau tali kekang bayi) digunakan untuk membantu bayi berlatih dan menjaga bayi agar tetap aman sekalipun berada di tempat keramaian dan bayi pun selalu berada dalam jangkauan kedua orang tuannya.
13. Agar bayi cepat jalan Coba latihan berjalan di atas rumput / taman agar bayi bisa menjaga keseimbangan dan meningkatkan kepekaan indera raba pada telapak kakinya.
14. Jangan memakai baby walker ketika melatih bayi berjalan karena alat ini bisa menyebabkan kecelakaan seperti tangan bayi terjepit atau jatuh dari tangga. Penggunaan alat seperti ini mengganggu perkembangan otot kakinya karena telapak kaki bayi tak menapak dengan sempurna atau cenderung berjinjit. Sehingga anak cenderung malas untuk belajar bergerak dan melangkah.
15. Berikan penyemangat, senyuman, pujian dan tepuk tangan jika dia berhasil berjalan walau hanya satu dua langkah.
16. Jangan memaksa agar belajar berjalan terlalu awal karena otot kakinya mungkin belum kuat dan siap menerima beban tubuhnya, sehingga bisa mengakibatkan hal fatal pada fisiknya

NB: 21 Cara AgarAnak Cepat Jalan ini bisa anda terapkan tetapi selalu awasi balita anda ketika dia baru belajar berjalan.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan daftar disini untuk berlangganan gratis melalui email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di See Look Book GRATIS 100%
 
Nama Bayi Perempuan © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top