Semua makanan bisa membuat alergi pada anak. Bagaimana cara mengetahuinya? - Dr. Zakiudin Munasir, Sp.A (K), Ketua dari UKK Alergi Imunologi, FKUI atau RSUPN Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Seorang dokter alergi  berkata: “Sekitar 20 persen anak usia 12 bulan pernah mengalami reaksi terhadap makanan, termasuk alergi."
6 Makanan Penyebab Alergi Pada Anak
Makanan apa saja yang menyebabkan bayi alergi?
1. Bayi alergi susu sapi
Bagi Anak, susu sapi adalah protein asing. Sebaiknya susu sapi diberikan setelah balita Anda berusia 1 tahun. Pastinya susu sapi dapat menimbulkan reaksi alergi pada pertama kalinya dengan gejala berupa muntah dan diare.  Protein susu sapi menyebabkan alergi yang menetap hingga akhir masa kanak-kanak. Misalnya, olahan susu (kue susu, es krim, keju, dan sebagainya) bahkan susu sapi murni.
Catatan: Bayi yang alergi terhadap susu sapi tak selalu alergi terhadap daging sapi.
2. Telur ayam
Balita yang alergi pada telur ayam belum tentu alergi pada daging ayam. Tetapi, bisa timbul reaksi jika diberikan vaksin yang ditanamkan pada kuning telur, seperti vaksin campak.
3. Ikan
Alergen yang kuat pada ikan, khususnya ikan laut. Bentuk reaksi dari alergi yang sering muncul adalah penyakit asma. Dengan mencium baunya saja anak yang sangat sensitif bisa langsung terserang sesak napas atau bersin-bersin.  Makanan laut lainnya yang sering menyebabkan alergi adalah kepiting laut, udang kecil dan udang besar (lobster). Gejalanya sama “asma”.
Catatan: Alergi terhadap makanan jenis ini tidak selalu berarti alergi terhadap ikan laut.
4. Kacang-kacangan
Kacang tanah, mede, dan sejenisnya dapat memicu reaksi, meski bersifat ringan. Gejalanya bisa gatal-gatal pada tenggorokan anak->Makanan Bayi 1 Tahun Keatas.
Catatan: Tetapi Kacang kedelai memiliki sifat alergenitas yang lebih rendah. Karna itu kacang kedelai Sering digunakan untuk pengganti susu sapi bagi anak yang alergi terhadapnya. Sifat alergenitas susu kedelai akan berkurang dengan melakukan pemanasan.
5. Sayur dan buah-buahan
Sayur dan buah pun dapat menimbulkan reaksi alergi, yakni rasa gatal pada mulut. Sifat alerginya hilang jika sayur dimasak selama 2 menit atau Anda letakkan di dalam freezer selama 2 minggu.
Catatan: Alergi terhadap sayur-sayuran dan buah-buahan sering sekali dialami pada balita yang menderita alergi pada serbuk bunga. Anak yang alergi pada sayur dan buah ini biasanya alergi juga terhadap kacang-kacangan, buah apel, peach, cherry, buah pear dan wortel. Buah jeruk juga sering menyebabkan kemerahan di kulit bayi dan anak Anda-> Makanan Sehat Untuk Bayi
6. Gandum
Gandum yang berbentuk tepung, bisa menyebabkan alergi (jika dihirup). Tetapi kalo dimakan, tidak selalu menimbulkan alergi. Karena gandum dicerna aleh enzim pencernaan pada lambung.

Sebagai seorang ibu dan ayah anda harus berhati hati untuk memberikan Mpasi bagi anak kesayangan anda karena bila salah bukan membuatnya sehat malah akan membuatnya menderita. Saran dari See Look Book berilah asi full selama 6 bulan dan selalu memberikan balita anda asi selama 24 bulan. Semoga tulisan tentang 6 Makanan Penyebab Alergi Pada Anak bermanfaat dan membantu Anda.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan daftar disini untuk berlangganan gratis melalui email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di See Look Book GRATIS 100%
 
Nama Bayi Perempuan © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top