Makanan Bayi Sehat - Banyak orang tua (Mama dan Papa) baru yang merasa kasihan pada bayinya dengan rasa hambar ketika memberikan  makanan pertama untuk balitanya. Padahal, bayi pada usia awal belum membutuhkan garam pada makanannya. karena pencernaannya belum mampu mencerna kadar mineral dalam garam dapur yang berlebihan. Lalu, bagaimana cara membuat menu untuk anak yang menggugah seleranya?
Cara Membuat Makanan Bayi Sehat
Cara Membuat Makanan Bayi Sehat
1. Alami 
Hindarkan memberi balita makanan yang memiliki cita rasa yang kuat. Selain garam, gula, penyedap rasa, asam dan lain sebagainya. Pakailah bahan alami dalam memberi rasa. Seperti memberikan bubur beras putih jika beras merah memiliki rasa yang terlalu hambar. “Agar terasa sedikit manis, cammpurkan ubi rambat, ubi cilembu atau ubi merah pada bubur nya, lalu hidangkan lah bersama sayuran dan lauk” 

2. Gurih 
Untuk membuat makanan yang gurih, buat kaldu ayam. Rebus dada atau ceker ayam sampai air kaldu mengental. Dinginkan air kaldunya dan masukkan ke dalam bungkus kecil sesuai kebutuhan. Agar tahan lebih lama, masukkan ke dalam kulkas (jadikan batu es). Kaldunya bisa anda campurkan pada menu untuk bayi.

3. Manis 
Beberapa sayuran terasa pahit. Brokoli, contohnya. Untuk menghilangkan rasa pahit, tambahkan garam ketika Anda merendam brokoli. Kemudian, ketika merebusnya, berikan sedikit saja gula. lalu Bilas lah dengan air dingin sebelum Anda menyajikannya. selain brokoli gunakan wortel karena sayur ini memiliki rasa manis.


Tips memberi Makanan Bayi Sehat.
1. Ketahui tanda-tanda kenyang pada anak. 
Tanda-tanda bayi telah merasa cukup untuk makan ketika dia menutup matanya, menarik diri atau melepaskan puting susu. ketika hal ini sudah terjadi jangan paksa balita Anda untuk menghabiskan makanan makanannya.

2. Hindari memberikan makanan untuk menenangkan. 
Jangan paksa anak anda yang sedang menangis untuk makan agar di tenang karna hal seperti ini akan membuat mentalnya ketika dia telah dewasa nanti

3. Coba beri makanan padat
Pada tahun pertama, sumber utama kalori anak dan nutrisinya harus lah ASI atau susu formula. walau ada sebagian orang tua yang memberikan MPASI seperti bubur untuk bayi di usia enam bulan, tetapi jadikan makanan pada diusia ini hanya untuk melatih gigi dan pencernaannya. tetapi tetap fokus dalam pemberian ASI.

4. Gunakan metode penghitungan berat badan ideal
Berat badan seorang bayi harus dua kali lipat berat badan ketika dia lahir pada  usia 4 bulan, dan tiga kali lipat pada usia 1 tahun. konsultasikan pada dokter anda bila ada masalah pada anak anda.

Penulis: Heni Agustina 
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan daftar disini untuk berlangganan gratis melalui email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di See Look Book GRATIS 100%
 
Nama Bayi Perempuan © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top